Minggu, 10 Mei 2009

Referensi Proposal TI

PROPOSAL PENELITIAN


1.1. Latar Belakang

Internet merupakan salah satu media penyaluran informasi yang paling populer saat ini. Pengertian kebanyakan orang akan internet adalah media penyampaian informasi yang paling efektif. Salah satu perangkat yang sering digunakan dalam internet adalah website, baik yang bersifat pribadi maupun bisnis. Dalam perkembangannya, website sendiri dapat dijadikan sebagai tempat bertukar informasi, baik bagi user yang menggunakan dengan pengelola website sendiri. Selain sebagai sarana penyaji informasi, website juga biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai media untuk melakukan berbagai aktivitas seperti e-commerce, e-learning, online transaction, online advertising, dan lain sebagainya.

Mengingat kebutuhan masyarakat akan informasi yang akurat dan efisien, e-learning menjadi solusi pembelajaran berbasis web bagi masyarakat. Pembelajaran yang dipadukan dengan teknologi informasi berbasis web akan menghasilkan kemudahan baru dalam mempelajari suatu hal, misalnya saja dalam pengolahan lahan pertanian. Negara ini pernah meraih prestasi dengan memperoleh swasembada beras. Namun kondisi tersebut sudah beberapa tahun yang lalu, ketika sebagian besar rakyatnya masih berprofesi sebagai petani. Bandingkan dengan fakta yang terjadi dalam kehidupan sekarang ini (kondisi yang 180o dari sebelumnya), dimana negara ini menjadi pengimpor tersukses. Banyak penyebabnya diantaranya tidak ada atau kurang pedulinya perhatian masyarakat di dunia pertanian. Kehidupan petani yang dirasa semakin tidak layak juga menjadi salah satu kendala, pupuk yang mahal, pengolahan ataupun perawatan tanah yang tidak mudah dan lain sebagainya. Lagi-lagi informasi menjadi sesuatu yang penting ketika kita menemukan pakar atau ahli di bidang tersebut namun kesulitan untuk berbagi informasi kepada masyarakat terutama para petani.

Dalam hal ini penulis ingin menawarkan solusi untuk menyampaikan informasi tersebut dengan memanfaatkan teknologi internet. Dengan mengambil judul “PEMBELAJARAN PENGOLAHAN TANAH LAHAN PERTANIAN BERBASIS WEB” diharapkan dapat saling berbagi ilmu pengetahuan kepada masyarakat maupun petani khususnya di bidang pengolahan lahan pertanian.

1.2. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah sebagai berikut:

1. Bagaimana membuat pengolahan lahan pertanian yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang pengolahan lahan pertanian dengan efektif dan efisien.
2. Bagaimana mengimplementasikan aplikasi pengolahan lahan pertanian menjadi pusat informasi tentang pengolahan lahan pertanian yang mudah dipahami.



1.3 Pembatasan Masalah

Mengingat beragamnya jenis website dengan kategori-kategori tertentu, maka akan dibatasi pada :

1. Aplikasi pengolahan lahan pertanian berisi data yang berkaitan dengan langkah-langkah mengolah lahan pertanian agar tanah tetap dapat digunakan tanpa mengurangi kualitas tanah.
2. Pembuatan aplikasi pengolahan lahan pertanian berbasis web yang menggunakan PHP, menjadi sebuah media penyampaian informasi yang efektif untuk masyarakat maupun para petani.



1.4. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi pengolahan lahan pertanian berbasis web.

1.5. Manfaat Penelitian

Manfaat yang dapat di ambil dalam penelitian ini adalah:

1. Bagi Akademik

Sebagai sarana untuk mengukur seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mahasiswa terhadap teori dan praktek yang telah diberikan serta sebagai bahan evaluasi akademik.

2. Bagi Peneliti

Mengaplikasikan hasil studi penelitian guna mengembangkan pemahaman ilmu yang telah diperoleh peneliti dibangku perkuliahaan.

3. Bagi masyarakat umum

Membantu masyarakat umum khususnya para petani memperoleh informasi yang cepat dan praktis tentang pengolahan lahan pertanian.

1.6. Tinjauan Pustaka

Sebagai salah asatu negara agraris, khususnya di bidang pertanian negara ini pernah mencapai swasembada beras. Kesuburan tanah yang subur dan luas memudahkan para petani untuk mengolah dan mengembangkan lahan pertanian. Bertumbuhnya sektor perindustrian dan kurang berhasilnya pelaksanaan program KB secara tidak langsung berdampak pada perkembangan lahan-lahan pertanian. Parahnya lagi situasi ini telah mempengaruhi pola pikir sebagian masyarakat Indonesia di bidang pertanian.

Perlahan banyak masyarakat yang meninggalkan profesi sebagai petani dikarenakan berbagai hal, diantaranya faktor ekonomi dan kurangnya sosialisasi dalam dunia pertanian. Dengan memanfaatkan teknologi internet diharapkan sosialisasi di dunia pertanian khususnya dalam pengolahan lahan pertanian dapat dengan mudah diperoleh dan dipelajari oleh masyarakat luas maupun para petani.

1.7. Metodologi Penelitian

Metode penelitian adalah cara yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data penelitiannya.

1.5.1. Objek Penelitian

Objek penelitian ini adalah langkah-langkah pengolahan lahan pertanian.

2. Jenis-jenis Data

1. Data Primer

Data diperoleh langsung dari sumbernya, diamati dan dicatat untuk pertama kalinya. Data primer yang diambil dari penelitian penulis adalah data yang diambil langsung dari pakar-pakar di dunia pertanian baik dari kumpulan petani maupun orang-orang yang ahi di bidang pertanian.

2. Data Sekunder

Meliputi semua data yang diperoleh secara tidak langsung yang bersifat informasi, baik dari surfing di internet maupun dari literatur yang berhubungan erat dengan tema penulis.

1.5.3. Metode Pengumpulan Data

1. Observasi

Observasi yang dilakukan peneliti melalui pengamatan langsung ke objek yaitu pertanian. Dengan tujuan untuk mendapatkan informasi-informasi dan data yang akurat, karena diperoleh dari sumbernya langsung.

2. Interview

Interview sering disebut dengan wawancara, adalah dialog yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh informasi dari sumber wawancara. Dalam hal ini, peneliti melakukan interview dengan beberapa orang yang terkait dengan informasi-informasi yang ingin diperoleh peneliti, yang meliputi: wawancara dengan Kepala Kelompok Pertanian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang langkah pengolahan lahan pertanian.

1.5.4. Metode Pengembangan Sistem

Metode yang digunakan untuk membuat atau mengembangkan piranti lunak ini adalah model prototype. Metode ini merupakan metode pengembangan sistem dimana hasil analisa perbagian langsung diterapkan kedalam sebuah model tanpa harus menunggu seluruh sistem selesai dianalisa. Adapun tahap-tahap dalam metode ini adalah:

1. Analisa

Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah menganalisa keperluan yang terdapat pada masalah yang ada. Pengembang dan pemakai bertemu untuk mendefinisikan obyektif keseluruhan dari perangkat lunak dan mengidentifikasi segala kebutuhan yang diketahui.

2. Desain

Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah membuat model atau prototype dan dari permasalahan yang ada. Titik beratnya dalam hal format pemasukan data dan bentuk laporan yang diharapkan.

3. Pembuatan Program

Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah pembuatan program secara keseluruhan dan rencana pemecahan masalah.

4. Evaluasi

Pada tahap ini merupakan kegiatan evaluasi terhadap prototype atau model yang sudah dibuat. Bila ada bagian-bagian yang tidak sesuai dengan keinginan maka perlu dirubah. Prototype tersebut dievaluasi oleh pemakai dan dipakai untuk menyaring kebutuhan pengembangan perangkat lunak. Literasi yang terjadi pada saat prototyping memungkinkan pengembang untuk mengetahui serta memenuhi keinginan dan kebutuhan pemakai.

5. Hasil

Pada tahap ini merupakan hasil dari prototyping atau model akhir yang telah dibuat sesuai dengan yang diinginkan.


1.8. Daftar Pustaka

Dwi Prasetyo, Didik (2008), 101 Tip & Trik Pemrograman PHP, edisi kedua. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Hakim, Lukmanul (2008), Membongkar Trik Rahasia Para Master PHP. Lokomedia, Yogyakarta.

Kadir, Abdul (2005), Dasar Pemrograman WEB Dinamis Menggunakan PHP. ANDI, Yogyakarta.

Kristanto, Andi (2004), Analisis dan Perancangan Sistem. ANDI, Yogyakarta.

Pressman Roger S, (2002), Rekayasa Perangkat Lunak, Edisi II – Andi, Yogyakarta,.

Suwarno, Dani (2003), http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dt_4353.html. Di akses tanggal 28 Oktober 2008.

http://www.forumphp.web.id/phpforum_2895_Aplikasi_banyak_Form.html. Di akses tanggal 15 November 2008.

http://www.informatika.lipi.go.id/pengaruh-penggunaan-lahan-gambut-sebagai-lahan-petanian/







PROPOSAL PENELITIAN

PEMBELAJARAN PENGOLAHAN TANAH

LAHAN PERTANIAN BERBASIS WEB




Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini.
















Oleh :

Nim : 05.01.53.0169

Nama : Nur Fadhul Ma’arif




JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI

UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG

2009

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar